Senin, 26 Agustus 2013

Inilah Hal-Hal yang Ditakuti Seorang Presiden

by: http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/04/27/hal-yang-ditakuti-seorang-presiden-550681.html
Saat Ospek tahun 2010 para senior yang menjadi panitia begitu bersemangat menyambut kami para mahasiswa baru. Salah satu mahasiswa senior ada yang berpidato “ada yang tahu Presiden takut dengan siapa? Jawabnya adalah mahasiswa!!! Mahasiswa takut dengan Dosen, Dosen takut dengan Kepala Prodi atau Jurusan, Kepala Prodi atau Jurusan takut dengan Dekan, Dekan takut dengan Rektor, Rektor takut dengan Menteri, Menteri takut dengan Presiden dan Presiden takut dengan siapa,,,,, Mahasiswa!!!.” Demikianlah sepenggal pidato dari senior saya dulu pada Ospek tahun 2010.
Setelah memasuki masa kuliah ternyata pernyataan mahasiswa senior dulu kala Ospek ada benarnya juga. Hal tersebut bisa kita lihat beberapa waktu lalu Presiden mengadakan pertemuan dengan Ketua umum PB HMI di Istana. Yang dilakukan Presiden sangat beralasan pasalnya mahasiswa merupakan kekuatan yang luar biasa. Peran mahasiswa sebagai Agent of Change and Social control selalu tak lepas dari radar Penguasa.
http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/01/29/144488/540x270/menhan-targetkan-2-tahun-militer-indonesia-bakal-039garang039.jpg 
Ketika sebuah kekuatan sudah bersatu maka sekelas Presiden pun akan merasa ketakutan. Semut pun bisa menjadi kekuatan yang dapat membunuh gajah jika mereka bersatu untuk melawannya. Apalagi Rakyat, mahasiswa, atau militer, tentu kekuatan masing-masing tersebut jika salah satu diataranya bersatu melawan Presiden maka Presiden akan ketakutan. Berikut beberapa hal yang dapat membuat seorang Presiden ketakutan dengan bukti nyatanya;
1. Militer
Dalam beberapa sejarah banyak Presiden yang jatuh jika Militer tidak mendukungnya. Militer merupakan elemen penting dalam suatu negara pasalnya mereka memiliki senjata dan dilegalkan. Itu mengapa Presiden Indonesia SBY selalu menjalin komunikasi intensif dengan para tokoh TNI. Presiden Honduras Manuel Zelaya dan Presiden Niger Mamadou Tandja menjadi contoh nyata bahwa Militer merupakan hal yang ditakuti Presiden. Militer memang harus diposisikan sesuai fungsinya agar Militer dapat berperan sesuai peran serta aslinya dalam suatu negara.
2. Rakyat
Presiden Tunisia Zine al-Abidine menjadi contoh nyata betapa kekuatan rakyat mampu membuat ancaman serius pada Presiden. Pemicunya adalah Mohamed Bouazizi yang bunuh diri dengan membakar diri. Pasalnya, polisi menyita dagangan buah dan sayur-mayur gantungan hidupnya. Bouazizi meninggal di sebuah rumah sakit dekat Tunis akibat luka bakar. Berita tentang Bouazizi merebak dan memicu aksi unjuk rasa kaum papa dan penganggur di Provinsi Sidi Bouzid. Gerakan mereka pun menjalar ke seantero negeri.
3. Mahasiswa
Reformasi di Indonesia yang terjadi pada 1998 tak lepas dari kontribusi dan perjuangan seluruh elemen, khususnya mahasiswa. Tragedi Trisaksi menjadi salah satu pemicu Reformasi. Pada masa itu semua elemen kekuatan mahasiswa bersatu padu sehingga mampu membuat ABRI yang semula mendukung Presiden ketakutan dan berbalik mendukung mahasiswa.
Mungkin masih ada beberapa hal lain yang membuat Presiden takut, namun yang pasti seorang Presiden pastinya punya kemampuan dan strategi khusus dalam menghadapi ketakutannya. Semoga yang saya share ini dapat membuat kita semua memahami bahwa seorang Presiden pun juga memiliki rasa takut. Kita semua juga sama dengan Presiden, yang berbeda adalah amal perbuatan dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More